Analisis Jabatan Wali Kelas

Rumusan Umum Tugas dan Fungsi
Membantu siswa, guru BK, Bendahara Sekolah dalam memecahkan masalah siswa
dengan cara memehami karakter siswa dan membina hubungan baik orang tua
murid/wali, serta melaksanakan tugas administrasi kelas yang diasuhnya.

Uraian Tugas
2.1. Menyusun program kerja wali kelas
2.2. Mengatur tempat duduk siswa di kelas dan membuat lay out kelas
2.3. Menjalin hubungan dengan orang tua siswa
2.4. Menghubungi orang tua/wali apabila perlu
2.5. Membantu bendahara sekolah dalam pengumpulan pembayaran SPP dan
sumbangan lainnya.
2.6. Memahami karakter siswa dari kelas yang diasuhnya.
2.7. Mengumpulkan nilai dari para guru dan memasukkan ke dalam buku / Daftar
Kumpulan Nilai (DKN).
2.8. Mengisi dan membagi raport
2.9. Membantu Guru BK dalam menangani siswa yang menghadapi masalah
2.10. Membina budi pekerti siswa
2.11. Membantu siswa dala memecahkan masalahnya
2.12. Mengajar 18 jam pelajaran
2.13. Memotivasi siswa dalam pelaksanaan 5K – 7K
2.14. Membuat laporan berkala dan insidentil.
Tugas lain : melaksanakan tugas lain sesuai dengan yang diberikan oleh atasan.

Wewenang
3.1 Membina kelas yang diasuhnya.
3.2 Mengisi daftar kumpulan data
3.3 Mengisi dan menandatangi raport
3.4 Mengatasi siswa yang bermasalah bekerjasama dengan guru BP
3.5 Mengadakan pembinaan dan bimbingan terhadap siswa yang diasuhnya
3.6 Menilai budi pekerti siswa yang diasuh.
3.7 Mengadakan kunjungan atau memanggil orang tua siswa / wali dari siswa yang
bermasalah
3.8 Membantu siswa yang mempunyai masalah dalam pelajaran tertentu.

Tanggung Jawab
4.1. Bertanggung jawab terhadap kebenaran dalam memberikan bimbingan dan
pembinaan kelas yang diasuhnya.
4.2. Kebenaran dan ketertiban dalam penyelenggaraan administrasi kelas
4.3. Membantu tugas guru dalam KBM
4.4. Terciptanya kebersihan kelas dan suasana belajar yang nyaman
4.5. Keabsahan administrasi kelas.

Hasil Kerja
5.1. Adanya program kerja wali kelas
5.2. Terwujudnya hubungan baik siswa dan dengan orang tua / wali siswa
5.3. Terwujudnya disiplin dan tanggung jawab siswa
5.4. Adanya buku legger untuk raport
5.5. Adanya buku kasus / masalah
5.6. Adanya buku kehadiran siswa
5.7. Adanya buku agenda kelas / biodata siswa
5.8. Adanya laporan pelaksanaan tugas.

Kualifikasi Personal
6.1. Keterampilan
6.1.1. Kemampuan berkomunikasi dengan siswa, guru dan orangtua / wali kelas.
6.1.2. Bekerjasama dengan guru-guru, guru BK dan orangtua / wali kelas siswa
6.1.3. Mampu mengeolah data nilai siswa
6.2. Pengetahuan
6.2.1. Memahami psikologi pendidikan
6.3. Pengalaman
6.3.1. Mengajar minimum 3 tahun
6.4. Sikap
6.4.1. Adil
6.4.2. Bijaksana
6.4.3. Berwibawa
6.4.4. Memiliki kematangan emosional.
6.5. Pendidikan
6.5.1. D III / Sarmud / SI
6.5.2. Golongan : II / C
6.6. Jenis Kelamin
Pria atau wanita
6.7. Kondisi fisik dan mental
Sehat jasmani dan rohani

Atasan Langsung
7.1. Kepala sekolah

Pembina Teknis
8.1. Kepala Jurusan

Kebutuhan Kuantitatif
9.1. 1 (satu) orang untuk setiap kelas.

Sifat Jabatan / Pekerjaan
10.1. Diangkat oleh Kepala Sekolah
10.2. Masa jabatan 1 tahun untuk 1 periode, dan dapat diangkat kembali untuk tahun / periode berikutnya sesuai kebutuhan.
10.3. Bimbingan terhadap siswa
10.4. Administrasi